shopify visitor statistics
Thursday , October 24 2019
Breaking News
Home / Artikel Sertifikasi Guru / Nasib guru yang belum disertifikasi

Nasib guru yang belum disertifikasi

Sehubungan dengan pelaksanaan sertifikasi guru pada tahun 2015, ternyata masih banyak guru yang belum mengikuti sertifikasi. Guru yang belum megikuti sertifikasi, bukan karena tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, namun ada beberapa kriteria yang tidak dipenuhi seperti Kualifikasi (S1) masa kerja, dan persyaratan lainnya seperti mengikuti antrian sesuai urutan yang telah ditetapkan.

Persoalan yang muncul ketika guru yang telah lama mengajar namun belum terpanggil, sementara ada beberapa guru yang baru terangkat menjadi PNS namun telah terpanggil mengikuti sertifikasi guru. Apa yang salah terhadap hal ini..? apakah sistemnya yang salah atau ada permainan dengan pihak terkait..? Menjawab hal ini tentunya kita harus merujuk ke aturan yang telah ditetapkan dan sumber data yang dijadikan dasar penetapan peserta sertifikasi. Beberapa persyaratan umum untuk di panggil mengikuti sertifikasi guru yaitu :

Pertama : Kualifikasi pendidikan, Kualifikasi pendidikan yang memenuhi persayaratan adalah S1, terutama pada tahun 2015 tidak ada lagi peserta sertifikasi yang kualifikasi pendidikannya bukan S1. (Baca : Bentuk pelaksanaan sertifikasi tahun 2015)

Kedua : Masa kerja, Masa kerja yang memenuhi persayaratan adalah guru yang menjadi tenaga pengajar atau guru sebelum 01 Januari 2006. Sebagai contoh : Jika guru terangkat pada 02 Januari 2006 maka guru tersebut tidak dapat diikutkan sebagai peserta sertifikasi guru.

Ketiga : beberapa persayaratan lainnya seperti UKA, Umur, yang tidak perlu saya bahas dalam tulisan ini.

Sekarang yang perlu saya bahas adalah banyak guru yang terangkat sebelum 01 Januari 2006 namun tidak terpanggil. Sekali lagi apa yang salah..? kesalahan bukan pada sistem atau melakukan permainan dengan pihak terkait. Namun kesalahan ada pada data guru yang terekam di data base guru. Data base guru yang dijadikan dasar pemanggilan peserta sertifikasi guru adalah di data Padamu Negeri.

Olehnya itu jika masa kerja menjadi guru sebelum 01 Januari 2006, namun tidak terpanggil maka langkah yang dapat dilakukan adalah perbaiki data di Padamu Negeri. Guru yang bisa ikut sertifikasi adalah yang mengajar/jadi guru sebelum 1 januari 2006, jadi jika punya SK honor sebelum 01 Januari 2006 silahkan di Update datanya di Padamu Negeri, jadi semua tergantung data yg kalian masukkan.. kira2 demikian semoga dapat membantu.

Scroll To Top