shopify visitor statistics
Thursday , October 24 2019
Breaking News
Home / Agenda / Pelaksanaan Sertifikasi Guru Tahun 2015

Pelaksanaan Sertifikasi Guru Tahun 2015

Pelaksanaan sertifikasi guru pada tahun 2015 melalui pendidikan profesi guru dalam jabatan atau disingkat PPGJ, pada tahun ini penetapan peserta ppgj  dilakukan oleh dirjen guru yang dulunya merupakan Badan pengembangan sumber daya manusia. Penetapan peserta didasarkan oleh rangking nilai UKA. Berdasarkan informasi yang diperoleh di halaman sertifikasi guru pada tahun 2015, saat ini dalam tahap verifikasi calon peserta, jadwal dan informasi terkait selengkapnya dapat dilihat di panduan penetapan peserta yang dapat anda download di halaman SERTIFIKASI GURU . Pada tautan tersebut  selain dapat mendownload panduan ppgj 2015 anda juga dapat  melihat daftar calon peserta ppgj tahun 2015. Bagaimana mencari nama peserta berikut panduannya

Pada halaman pencarian anda dapat mencari berdasarkan Provinsi dan kabupaten. Hasil pencarian yang dimunculkan diurut berdasarkan umur, masa kerja sebagai guru. Urutan yang ditampilakn masih belum final karena beberapa guru masih memiliki status pendidikan terakhir adalah SMA atau D1. Perlu anda ketahui bahwa peserta PPGJ harus memimiliki ijasah S1. Sehingga peserta atau calon peserta yang pendidikan terakhirnya SMA atau D1 dapat dipastikan tidak dapat diikutkan dalam program sertifikasi guru melalui PPGJ. Namun ada keringanan yang diberikan yaitu Guru berkualifikasi akademik BELUM S-1/D-IV yang TIDAK LULUS sertifikasi guru dalam jabatan pada tahun sebelumnya dapat langsung menjadi calon peserta sertifikasi guru melalui PPGJ tahun 2015, apabila pada 30 November 2013:

  1. sudah mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 tahun sebagai guru, atau
  2. mempunyai golongan IV/a atau memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a (dibuktikan dengan SK kenaikan pangkat).

Penetapan bidang studi sertifikasi harus linier dengan kualifikasi akademik S-1/D-IV, kecuali guru yang diangkat sebelum tahun 2006 penetapan bidang studi sertifikasi dapat mengacu pada kualifikasi akademik S-1/D-IV atau bidang studi yang diampu minimal 5 (lima) tahun berturut-turut.

Pencarian peserta ppgj menggunakan kriteria berdasarkan provinsi dan kabupaten, mungkin membuat anda sulit untuk mencari nama anda, karena banyaknya peserta. Kesulitan ini sudah di antisipasi oleh pengembang dengan melakukan pencarian berdasarkan NUPTK. Sehingga jika ingin mencari nama anda cukup memasukkan NUPTK masing-masing. Namun ada beberapa kelemahannya anda tidak dapat melihat anda berada diurutan keberapa.

Bagi yang memiliki koneksi internet yang cukup kencang, proses pencarian nama tiak akan kesulitan, sehingga dapat melakukan kedua alternatif di atas.

Demikian bebebrapa informasi yang dapat diberikan terkait pelaksanaan ppgj tahun 2015.

Scroll To Top