Tuesday , January 19 2021
Breaking News
Home / Materi / Pedoman Soal Uji Kompetensi Guru-Mata Pelajaran IPS

Pedoman Soal Uji Kompetensi Guru-Mata Pelajaran IPS

Pedoman pembuatan soal uji kompetensi guru, berdasarkan kisi-kisi yang telah dibuat dan dapat di akses atau di download secara langsung di halaman sertifikasi guru Kementerian Pendidikan Nasional. Berdasarkan kisi-kisi ini sebagai seorang guru dapat memprediksi soal uji kompetensi guru. Soal uji kompetensi guru untuk mata pelajaran IPS dapat diprediksi jika kisi-kisinya diketahui seperti berikut:

Misalkan untuk kompetensi utama guru mata pelajaran IPS adalah Kemampuan Pedagogik dengan standar kompetensi guru adalah Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial,kultural, emosional,dan intelektual. Maka di jabarkan kembali kompetensi guru mata pelajaran IPS sebanyak 3 kompetensi yaitu :

  • Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual,sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya
  • Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran IPS
  • Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPS

Bentuk soal uji kompetensi guru IPS yang kemungkinan muncul untuk masing-masing kompetensi di atas adalah :

  1. Disajikan illustrasi pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, guru mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berhubungan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial budaya.
  2. Disajikan illustrasi pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, guru dapat mengidentifikasi potensi peserta didik.
  3. Disajikan illustrasi pembelajaran IPS dengan pendekatan tematik, guru dapat mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik.

Berdasarkan indikator esensial di atas, bentuk soal uji kompetensi guru matapelajaran IPS yang dapat di tanyakan pada indikator 1 yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif, guru mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berhubungan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial budaya. Ilustrasi soal uji kompetensi guru berupa bagaimana guru dapat mengidentifikasi karasteristik peserta didik ditinjau dari segi aspek fisik, intelektualm sosial emosional, spritual dan latar belakang budaya. Maka dalam soal akan disajikan model pembelajaran kooperatif lalu guru diminta mengidentifikasi karasteristik peserta didik. Bentuk kesulitan soal berada pada aspek kemampuan koognitif blomm yaitu C4.

Demikian pula untuk indikator ke 2 pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, guru dapat mengidentifikasi potensi peserta didik. Maka pertanyaan atau ilustrasi yang diberikan berupa model pembelajaran berbasis masalah guru dapat mengidentifikasi potensi yang dimiliki peserta didik. Seperti misalnya ketika memberikan pemebelajaran berbasis masalah, ada masalah yang diberikan terkait dengan pembelajaran IPS lalu diminta untuk mengidentifikasi kemampuan apa yang dapat di identifikasi berdasarkan masalah yang diberikan.

Pada indikator 3, pembelajaran IPS dengan pendekatan tematik, guru dapat mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik. Maka soal uji kompetensi guru untuk indikator ini berbentuk ilustrasi pembelajaran tematik, guru diminta mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik. Karena menggunakan pendekatan tematik maka kemungkinan ada kaitan dengan Ekonomi, Geografi dan Sejarah, lalu guru diminta mengidentifikasi kesulitan belajar siswa yang dapat diamati oleh guru selama ini.

Demikian panduan soal uji kompetensi guru untuk mata pelajaran IPS diberikan semoga dapat bermanfaat.

 

Scroll To Top