shopify visitor statistics
Thursday , September 19 2019
Breaking News
Home / Agenda / Contoh Deskripsi Diri dalam dukumen RPL pada Sertifikasi Guru 2015

Contoh Deskripsi Diri dalam dukumen RPL pada Sertifikasi Guru 2015

Sebagaimana yang telah di berikan pada artikel tentang RPL (Baca : Apa itu Rekognisi Pembelajaran Lampau atau disingkat RPL ?) yang menyatakan bahwa salah satu komponen dalam RPL adalah Deskripsi diri. Deskripsi diri digunakan sebagai alat bagi guru untuk menjelaskan keunggulan atau kebanggaan pribadi seorang guru atas prestasi dan/atau kontribusi yang telah dilakukan dalam menjalankan karirnya sebagai guru, khususnya terkait dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi guru. Dalam deskripsi diri ini guru diminta menguraikan dengan jelas apa saja yang telah dilakukan yang dapat dianggap sebagai pengalaman bermakna dan/atau kontribusi bagi pelaksanaan tugas pokok dan fungsi guru. Deskripsi diri perlu dilengkapi dengan contoh nyata yang dialami/dilakukan dalam kehidupan profesi sebagai guru. Guru dapat mendeskripsikan perannya sebagai motivator, inspirator, fasilitator,  dan menumbuhkan rasa keingintahuan (curiosity). Deskripsi diri mencakup tiga aspek, yaitu: pengembangan kualitas pembelajaran, pengembangan institusi sekolah, dan pengembangan kegiatan kesiswaan.

Adapun komponen deskripsi diri yaitu :

  1. Pengembangan kualitas pembelajaran meliputi : Usaha kreatif, Dampak instruksional, Kedisiplinan, dan Keterbukaan terhadap saran dan kritik
  2. Pengembangan institusi sekolah yaitu : Penyusunan EDS, Keterlibatan dalam RKAS, dan Kegiatan ekstra kurikulum
  3. Pengembangan kegiatan kesiswaan berupa : Peran guru terhadap kegiatan kesiswaan, Interaksi dengan siswa, dan Manfaat kegiatan

Salah contoh uraian deskripsi diri untuk aspek pengembangan kualitas pembelajaran akan diuraikan seperti berikut :

Pengembangan Kualitas Pembelajaran

Aspek ini menguraikan contoh nyata semua usaha kreatif yang telah atau sedang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang disertai dengan uraian dampak instruksional, kedisiplinan, dan keterbukaan terhadap saran dan kritik kepala sekolah dan teman sejawat.

Deskripsi:

  • Usaha kreatif:

…………………………….………………………………………

…………………………….………………………………………

…………………………….……………………………………… (kurang lebih 100 kata)

  • Dampak instruksional:

…………………………….………………………………………

…………………………….………………………………………

…………………………….……………………………………… (kurang lebih 100 kata)

  • Kedisiplinan:

…………………………….………………………………………

…………………………….………………………………………

…………………………….……………………………………… (kurang lebih 100 kata)

  • Keterbukaan terhadap saran dan kritik kepala sekolah dan teman sejawat:

…………………………….………………………………………

…………………………….………………………………………

…………………………….……………………………………… (kurang lebih 100 kata)

 

Pengembangan institusi sekolah dan pengembangan kegiatan kesiswaan, mengikuti format diatas. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun deskripsi diri dengan memperhatikan hal-hal yang pernah dilakukan selama mengajar dalam mengembangkan sekolah.

Scroll To Top