Tuesday , January 19 2021
Breaking News
Home / Beranda / Perbedaan Pelaksanaan PLPG 2015 dengan Tahun Sebelumnya

Perbedaan Pelaksanaan PLPG 2015 dengan Tahun Sebelumnya

Perbedaan pelaksanaan PLPG 2015 dengan tahun sebelumnya, tidak memberikan dampak terhadap peserta sertifikasi tahun 2015. Perbdaan yang muncul disesuaikan dengan peraturan pemerintah yang ada. 

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru menyatakan guru adalah pendidik profesional. Guru yang dimaksud meliputi guru kelas, guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling atau konselor, dan guru pembimbing teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan keterampilan komputer dan pengelolaan informasi (KKPI). Guru profesional dipersyaratkan memiliki kualifikasi akademik yang relevan dengan mata pelajaran yang diampu dan menguasai kompetensi sebagaimana dituntut oleh Undang-undang Guru dan Dosen. Pengakuan guru sebagai pendidik profesional dibuktikan dengan sertifikat pendidik yang diperoleh melalui suatu proses sistematik yang disebut sertifikasi.

Sertifikasi bagi guru dalam jabatan sebagai salah satu upaya peningkatan mutu guru diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan pada satuan pendidikan formal secara berkelanjutan. Guru dalam jabatan yang telah memenuhi persyaratan dapat mengikuti sertifikasi melalui:(1) Pemberian Sertifikat Pendidik secara Langsung (PSPL), (2) Portofolio (PF),(3) Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), atau (4) Pendidikan Profesi Guru (PPG). Untuk sertifikasi guru dalam jabatan melalui PPG diatur dalam buku panduan tersendiri.

Mulai tahun 2012 atau tahun keenam sertifikasi guru dalam jabatan, dilaksanakan kebijakan yang cukup mendasar dalam penyelenggaraan sertifikasi guru yaitu Uji Kompetesi Awal (UKA) sebagai persyaratan bagi guru yang sertifikasinya mengikuti pola PLPG. UKA diukur menggunakan instrumen dengan komposisi 70% komponen materi bidang studi dan 30% komponen pedagogik dan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Berdasarkan hasil UKA dilakukan perubahan struktur program PLPG, disesuaikan dengan kondisi guru dan implementasinya mengacu pada prinsip-prinsip pendekatan Tailor Made.

Acuan pendekatan Tailor Made dalam penyelenggaraan PLPG pada tahun 2012, diterbitkan dalam bentuk Prosedur Operasional Baku (POB) yang merupakan pelengkap Buku 4: Rambu-Rambu Pelaksanaan PLPG. Mulai tahun 2013 dilanjutkan pada tahun 2014 dan tahun 2015, Prosedur Operasional Baku (POB) Tailor Made diintegrasikan ke dalam buku ini.

Merujuk Permendikbud no. 160 tahun 2015 tentang pemberlakukan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 (kurikulum nasional), maka pelaksanaan PLPG tahun 2015 memfasilitasi penguasaan dan kemampuan peserta sertifikasi dalam mengimplementasikan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 (kurikulum nasional). Buku 4 sebagai rambu-rambu pelaksanaan PLPG tahun 2015 telah direvisi dalam beberapa bagian, antara lain struktur program kurikulum, materi, skenario pembelajaran, dan sistem evaluasi.

Scroll To Top