shopify visitor statistics
Monday , November 19 2018
Breaking News
Home / Materi / Kisi-kisi Soal Ujian Nasional Sertifikasi Guru Mata Pelajaran PENJASKES 2015

Kisi-kisi Soal Ujian Nasional Sertifikasi Guru Mata Pelajaran PENJASKES 2015

Kisi-kisi Soal Ujian Nasional Sertifikasi Guru Mata Pelajaran PENJASKES 2015, kami berikan sebagai bentuk penyebaran informasi agar guru dapat berhasil dalam mengikuti PLPG. Kisi-kisi soal ujian nasional sertifikasi guru mata pelajaran PENJASKES terdiri dari kompetensi utama, kompetensi guru, dan indikator esensial. Kisi-kisi ini merupakan dasar dalam pembuatan soal ujian nasional sertifikasi guru. 

Sebagai contoh untuk kompetensi utama Pedagogik dengan standar kompetensi inti,  menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual, maka penjabaran kompetensi guru PENJASKES adalah :

  • Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya
  • Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu
  • Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu
  • Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu
  • Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu

Indikator esensial yang dapat digunakan untuk membuat soal ujian nasional sertifikasi guru mata pelajaran PENJASKES adalah :

  • Memanfaatkan potensi kognitif yang dimiliki oleh peserta didik dalam mendukung pembelajaran
  • Menganalisis karakteristik peserta didik dengan berbagai potensi pembelajaran PJOK
  • Menganalisis bekal ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran PJOK
  • Mengidentifikasi penyebab kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK
  • Mengidentifikasi potensi kognitif peserta didik dalam mata pelajaran PJOK
  • Mengidentifikasi potensi psikomotorik peserta didik dalam mata pelajaran PJOK

Contoh lain untuk  kompetensi Profesional, standar kompetensi inti, Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu adalah :

  • Menjelaskan dimensi filosofis pendidikan jasmani termasuk etika sebagai aturan dan profesi
  • Menjelaskan perspektif sejarah pendidikan jasmani
  • Menjelaskan dimensi anatomi manusia, secara struktur dan fungsinya
  • Menjelaskan aspek kinesiologi dan kinerja fisik manusia
  • Menjelaskan aspek fisiologis manusia dan efek dari kinerja latihan
  • Menjelaskan aspek psikologi pada kinerja manusia, termasuk motivasi dan tujuan, kecemasan dan stress, serta persepsi diri

Indikator esensial untuk menyusun soal ujian nasional sertifikasi guru adalah :

  • Mendeskripsikan pengertian pendidikan jasmani, pendidikan olahraga dan pendidikan kesehatan
  • Menganalisis perbedaan dan persamaan pendidikan jasmani, pendidikan olahraga dan pendidikan kesehatan
  • Mengaplikasikan perspektif sejarah pendidikan jasmani dalam pengembangan sikap peserta didik
  • Mengaplikasikan pengetahuan tentang ilmu urai tubuh untuk pengembangan sikap peserta didik
  • Menerapkan prinsip gerak pada pembelajaran keterampilan dalam pembelajaran PJOK
  • Menerapkan prinsip kerja alat gerak tubuh dalam melakukan pembelajaran PJOK
  • Mengidentifikasi berbagai gejala kejiwaan peserta didik
5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu22. Memanfaatkan perangkat TIK dalam pembelajaran
6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki6.1 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal23. Mengidentifikasi jenis kegiatan yang dapat digunakan sebagai wahana pengembangan potensi belajar peserta didik
6.2 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya24. Menyusun program pengembangan potensi aktualisasi diri peserta didik
7. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik7.1 Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dansantun, secara lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain25. Menerapkan berbagai cara berkomunikasi yang efektif
7.2 Berkomunikasi secara efektif, empatik,dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didikuntuk ambil bagian dalam permainan:melalui bujukan dan contoh, (b) ajakankepada peserta didik untuk ambil bagian,(c) respons peserta didik terhadap ajakan guru, dan (d) reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya26. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain
8. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar8.1 Memahami prinsip-prinsip penilaian danevaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang

diampu

27. Menentukan prinsip penilaian yang sesuai dengan standar penilaian
8.2 Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu28. Menetapkan aspek yang akan dinilai selama proses dan akhir pembelajaran
8.3 Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar29. Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
8.4 Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar30. Mengembangkan instrument penilaian dengan berbagai jenis, bentuk, dan teknik dalam pembelajaran PJOK
8.5 Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan mengunakan berbagai instrumen31. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
8.6 Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan32. Menerapkan prinsip analisis hasil penilaian
8.7 Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar33. Memaknai hasil penilaian pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan
9. Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran9.1 Menggunakan informasi hasil penilaiandan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar34. Menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi ketuntasan belajar
9.2 Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang programremedial dan pengayaan35. Merancang tindak lanjut pembelajaran berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi
9.3 Mengkomunikasikan hasil penilaian danevaluasi kepada pemangku kepentingan36. Mengidentifikasi pemangku kepentingan dalam pelaporan penilaian
9.4 Memanfaatkan informasi hasil penilaiandan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran37. Menentukan strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran

Demikian kisi-kisi soal ujian nasional sertifikasi guru dapat anda download secara langsung :

Kisi-kisi Soal Ujian Nasional Sertifikasi Guru Mata Pelajaran PENJASKES 2015

Anda juga dapat mendownload Kisi-kisi Soal Ujian Nasional Sertifikasi Guru Mata Pelajaran PAUD

Mata pelajaran lain akan diberikan kemudian, silahkan terus mengnjungi website sertifikasi guru rayon 125 Universitas Tadulako.

Scroll To Top