shopify visitor statistics
Wednesday , January 16 2019
Breaking News
Home / Kegiatan / Pelaksanaan Workshop pada PLPG Tahun 2015
Pelaksanaan Workshop pada PLPG Tahun 2015

Pelaksanaan Workshop pada PLPG Tahun 2015

Seperti yang diposting dalam Blog Ketua Pelaksana PLPG Rayon 125 Universitas Tadulako Bapak Drs. Syamsu M.Si. tentang pelaksanaan workshop pada PLPG Tahun 2015 yang berjudul  “Skenario Pelaksanaan Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran”. 

Workshop pengembangan dan pengemasan perangkat pembelajaran pada pelaksanaan PLPG tahun 2015 antara bidang studi guru kelas SD, guru mata pelajaran IPA, IPS, PJKR, Bahasa Inggeris dengan guru kelas TK/PAUD berbeda. Perbedaannya terletak pada jumlah jam pelajaran. Guru kelas TK/PAUD  20 JP sedangkan bidang di luar guru kelas TK/PAUD 30 JP.

Guru kelas SD, guru mata pelajaran IPA, IPS, PJKR dan bahasa indonesia workshop yang 30 JP didistribusikan menjadi 5 bagian perangkat pembelajaran (sesuai buku IV) yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar. Media pembelajaran, lembar kerja peserta didik (LPKD), dan instrumen penilaian. Ke lima jenis perangkat pembelajaran masing-masing memiliki 10 JP (RPP), 5 JP (bahan ajar), 5 JP (media pembelajaran), 4 JP (LPKD), dan 6 JP (instrumen penilaian). Namun, untuk guru kelas TK/PAUD workshop yang 20 JP didistribusi menjadi 4 bagian perangkat pembelajaran yaitu RKH/RKM, bahan ajar, media pembelajaran, dan instrumen penilaian. Ke empat perangkat pembelajaran masing-masing memiliki 8 JP (RKH/RKM), 4 JP (bahan ajar), 4 JP (media pembelajaran), dan 4 JP (instrumen penilaian).

Skenario pelaksanaan workshop pengembangan dan pengemasan perangkat pembelajaran untuk masing-masing jenis perangkat disusun agar para instruktur workshop dapat mengoptimalkan jumlah jam pelajaran. Secara umum skenario pelaksanaan workshop meliputi tahapan-tahapan: pembagian peserta menjadi dua kelompok dalam satu rombel/kelas, orientasi dan diskusi format perangkat pembelajaran, pemilihan kompetensi dasar, analisis KD yang diminati oleh peserta sesuai isi sumber belajar, simulasi atau pemberian contoh penerapan prinsip-prinsip pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, pendampingan, presentasi peserta dan refleksi oleh instruktur.

Secara khusus, skenario pelaksanaan workshop pengembangan dan pengemasan perangkat pembelajaran dapat diunduh, yaitu : RPP, Bahan Ajar, Media Pembelajaran, LPKD, dan .Instrumen Penilaian Ke-lima skenario ini diperuntukkan untuk para instruktur workshop yang bertugas pada pelaksanaan PLPG PSG Rayon 125 Universitas Tadulako tahun 2015 dan telah disosialisasikan dalam rapat rapat pertemuan instruktur sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2015.

Selengkapnya dapat anda kunjungi postingan secara utuh dengan mengklik link berikut : Skenario Pelaksanaan Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran

 

Scroll To Top