shopify visitor statistics
Monday , November 19 2018
Breaking News
Home / Beranda / Kisi-kisi Ujian Nasional Sertifikasi Guru-Mata Pelajaran Guru Kelas SD
Kisi-kisi Ujian Nasional Sertifikasi Guru-Mata Pelajaran Guru Kelas SD

Kisi-kisi Ujian Nasional Sertifikasi Guru-Mata Pelajaran Guru Kelas SD

Pelajari kisi-kisi ujian nasional sertifikasi guru, Mata Pelajaran Guru Kelas SD tahun 2015 dengan kompetensi utama pedagogik, yang salah satu indikator kompetensi utamanya adalah Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Dengan mempelajari kisi-kisi akan membantu anda untuk lulus dalam ujian nasional PLPG, karena usaha anda menentukan kelulusan saudara, tanpa harus mempercayai PENELPON yang tidak bertanggungjawab yang menjajikan kelulusan.

Kompetensi Guru

  1. Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya dan wisata Palu.
  2. Mengidentifikasi potensi peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI.
  3. Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI
  4. Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan lima mata pelajaran SD/MI.
  5. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran SD/MI
  6. Menerapkan pendekatan pembelajaran tematis, khususnya di kelas-kelas awal SD/MI.

Indikator Esensial

  1. Mengidentifikasi karakteristik belajar peserta didik diusia sekolah dasar
  2. Mengidentifikasi potensi peserta didik di usia sekolah dasar
  3. Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran
  4. Menggunakan teori belajar yang mendidik dalam mata pelajaran di SD/MI
  5. Menerapkan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran SD/MI
  6. Merencanakan kegiatan pembelajaran tematis di kelas awal, dengan memperhatikan KD-KD mata pelajaran di kelas awal

Contoh yang lain untuk kompetensi utama Porfesional seperti berikut ini :

Kompetensi Guru

  1. Menguasai materi,struktur, konsep,dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
  2. Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa
  3. Memahami kedudukan,fungsi, dan ragam bahasa Indonesia.
  4. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  5. Memiliki keterampilan bebahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca,dan menulis)
  6. Memahami teori dan genre sastra Indonesia.
  7. Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif.

Indikator Esensial :

  1. Menganalisis karakteristik Perkembangan bahasa anak Usia SD
  2. Menganalisis kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia.
  3. Mengidentifikasi dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  4. Mengidentifikasi keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara,membaca, dan menulis)
  5. Menganalisis teori dan genre sastra Indonesia,secara reseptif dan produktif
  6. Menilai Prosa

Khusus untuk mata pelajaran matematika seperti berikut ini :

Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika,aljabar, geometri, trigonometri,pengukuran, statistika, dan logika matematika.

 

Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika,aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.Menerapkan urutan operasi hitung pada bilangan asli
Menentukan pola bilangan
Menerapkan konsep kesejajaran garis-garis untuk menentukan besar suatu sudut
Membaca data dalam bentuk

tabel atau grafik

Menerapkan sifat-sifat urutan

pecahan

Menentukan luas daerah bangun datar
Menggunakan logika matematika sederhana untuk mengidentifikasi pernyataan yang bernilai benar atau pernyataan yang bernilai salah
Menentukan luas segitiga dengan menggunakan aturan sinus
Mampu menggunakan matematisasi horizontal dan vertikaluntuk menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata.Mampu menggunakan matematisasi horizontal dan vertikaluntuk menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penukaran nilai mata uang menggunakan matematisasi horisontal
Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang dengan menggunakan pengetahuan konseptual dan prosedural
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan persamaan yang memuat variabel.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat distribusi
Mampu menggunakan alatperaga, alat ukur, alat hitung,dan piranti lunak komputer.Mampu menggunakan alatperaga, alat ukur, alat hitung,dan piranti lunak komputer.Memilih alat peraga untuk menjelaskan konsep operasi hitung perkalian
Memilih media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran operasi
Menggunakan alat hitung dalam melakukan operasi hitung bilangan asli

Mata Pelajaran IPA

Mampu melakukan observasi gejala alam baik secara langsung maupun tidak langsung.Mampu melakukan observasi gejala alam baik secara langsung maupun tidak langsung.Menganalisis sifat-sifat cahaya
Menyelidiki konsep kelistrikan dan kemagnetan
Menganalisis proses-proses fotosintesis pada tumbuhan
Menganalisis proses terjadinya tata surya
Mengidentifikasi lapisan-lapisan bumi
Mengabstraksi ciri hewan invertebrata dan  vertebrata
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari.Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari.Melakukan pengukuran besaran fisis dengan alat ukur yang sesuai
Mengkategorikan penyebab perubahan sifat benda.
Menganalisis gangguan-gangguan pada manusia
Menganalisis jenis-jenis gaya dalam kehidupan sehari-hari
Memprediksi peristiwa pemuaian dalam kehidupan seharihari
Menganalisis peran kalor dalam mengubah suhu benda.
Memahami struktur ilmu pengetahuan alam, termasuk hubungan fungsional antar- konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.Memahami struktur ilmu pengetahuan alam, termasuk hubungan fungsional antar- konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.Menggambarkan hubungan manusia, lingkungan dan pemeliharaannya
Menganalisis proses-proses fotosintesis pada tumbuhan
Menyimpulkan macam-macam pengangkutan pada tumbuhan

Selengkapnya Download :

Kisi-kisi Ujian Nasional Sertifikasi Guru-Mata Pelajaran Guru Kelas SD

Lihat pula

Kisi-kisi Ujian Nasional Sertifikasi Guru-Mata Pelajaran Guru Penjaskes

Kisi-kisi Ujian Nasional Sertifikasi Guru-Mata Pelajaran Guru PAUD

 

Scroll To Top