shopify visitor statistics
Breaking News
Home / Artikel Sertifikasi Guru / Kisi-Kisi Soal Ujian Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Mata Pelajaran Sejarah

Kisi-Kisi Soal Ujian Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Mata Pelajaran Sejarah

Kisi-Kisi soal ujian kompetensi awal Sertifikasi Guru mata pelajaran sejarah, merupakan panduan untuk membuat soal ujian kompetensi awal mata pelajaran Sejarah. Kisi-kisi ini dibuat agar guru yang akan mengikuti ujian kompetensi awal memiliki panduan belajar. Dalam kisi-kisi ini berisi kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang guru sejarah. Kompetensi yang dimaksud adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.

KOMPETENSI PEDAGOGIK

Kompetensi Guru Mata Pelajaran Sejarah

Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya

Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran sejarah, Mengidentifikasi bekalajar awal peserta didik dalam matapelajaran sejarah dan Mengidentifikasi kesulitanbelajar peserta didik dalam mata pelajaran sejarah.

  • Guru dapat mengidentifikasikarakteristik peserta didik yang berkaitandengan aspek sosial-emosionalmata pelajaran sejarah dengan benar
  • Guru dapat mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran Sejarah dengan benar
  • Guru dapat mengidentifikasi bekalajar awal peserta didik dalam matapelajaran Sejarah dengan benar
  • Guru dapat mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam matapelajaran Sejarah dengan benar

Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkaitdengan mata pelajaran

  • Guru dapat menjelaskan teori-teori belajar mata pelajaran Sejarah dengan benar
  • Guru dapat mengidentifikasi prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik mata pelajaran Sejarah dengan benar

Menerapkan berbagai pendkatan, strategi, metode, danteknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalammata pelajaran sejarah

  • Guru dapat memilih pendekatan pembelajaran yang mendidik mata pelajaran Sejarah dengan benar
  • Guru dapat memilihstrategi pembelajaran yang mendidik mata pelajaran Sejarah dengan benar
  • Guru dapat memilih metode pembelajaran yang mendidik mata pelajaran Sejarah dengan benar
  • Guru dapat memilih teknik pembelajaran yang mendidik mata pelajaran Sejarah dengan benar
  • Guru dapat memilih model pembelajaran yang mendidik mata pelajaran Sejarah dengan benar

KOMPETENSI PROFESIONAL

Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah

  • Di informasikan pengertian Sejarah, guru dapat menjelaskan pengertian sejarah dengan benar
  • Di informasikan tentang penyusunan sejarah periodisasi, gurudpt menyusun periodisasi sejarah dengan benar.
  • Ditampilkan gambar peninggalan sejarah, guru dapat mengklasifikasi minimal tiga periodisasi sejarah .
  • Diinformasikan tentang konsep dasar ilmu sejarah, guru dapat menjelaskan ruang lingkup dalam ilmu sejarah dengan benar

Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara

  • Diinformasikan tentang tradisi sejarah dalam masyarakat, guru dapat mengidentifikasi minimal 3 (tiga) jenis tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia
  • Dipaparkan cuplikan sebuah cerita, guru dapat menggolongkan isi ceritasebagai tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia

Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

  • Diinformasikan prinsip-prinsip penelitian sejarah, guru dapat menyusun langkah-langkah penelitian sejarah dengan benar.
  • Diinformasikan tentang keguaan ilmu sejarah, guru menjelaskan kegunaan ilmu sejarah

Menganalisis kehidupan awal masyarakat Indonesia

  • Ditampilkan bagan jaman berdasar geologi, guru dapat mendeskripsikanpembagian jaman pra aksara berdasarkan pendekatan geologi.
  • Ditunjukkan gambarbenda peninggalan jaman pra aksara,guru dapat mengidentifikasi ciri-cirikehidupan manusia jaman pra aksara dengan benar.
  • Ditunjukkan fosil manusia purba masa pra aksara, guru dapat mengidentifikasi ciri-ciri manusia purba sesuai periodisasinya

Mengidentifikasi peradaban awal masyarakat di dunia yang berpengaruh terhadap peradaban Indonesia

  • Ditunjukkan gambar nekara, kapak lonjong, guru dapat menjelaskan pengaruh kebudayaan Dongsong (Indocina) dalam kehidupan masyarakat Indonesia.
  • Diinformasikan tentang kebudayaan Bacson Hoabinh, guru dapat mengidentifikasi minimal 1 hasil budaya Bacson Hoabinh di Indonesia

Menganalisis asal-usul dan persebaran manusia di kepulauan Indonesia

  • Ditunjukkan peta migrasi manusia di dunia, guru dapat mendeskripsikan migrasi manusiapada masa pra aksara

Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia

  • Diinformasikan tentang teori-teori masuknya Hindu Budha, guru dapat menjelaskan minimal 1 (satu) teori tentang masuknya Hindu-Budha ke Indonesia
  • Diinformasikan pengaruh Hindu di Indonesia, guru dapat mengidentifikasi pengaruh Hindu pada bangunan candi.
  • Ditampilkan gambar candi, dapat mengidentifikasi tiga ciri-ciri candi Jawa Tengah dan Jawa Timur

Demikian beberapa kisi-kisi soal ujian kompetensi awal sertifikasi guru pada mata pelajaran sejarah. Bada kisi-kisi soal ujian kompetensi awal diatas terlihata ada beberapa indikator esensia yang digunakan sebagai pedoman dalam membuat soal uajin kompetensi awal. Salah satu contohnya pada indikator esensial yaitu ditampilkan gambar candi, dapat mengidentifikasi tiga ciri-ciri candi Jawa Tengah dan Jawa Timur, sehingga soal ujian kompetensi yang mungkin adalah menyebutkan 3 ciri-ciri candi yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Berdasarkan hal tersebut guru yang akan mengikuti ujian kompetensi awal, dapat mempelajari ciri-ciri candi di Jawa Timur lalu kemudian mempelajari ciri-ciri candi di Jawa Tengah. dan kemudian melakukan perbandingan terhadap masing-masing ciri candi pada kedua daerah tersebut.

Scroll To Top