shopify visitor statistics
Breaking News
Home / Agenda / Pelaksanaan Program SG-PPG undang-undang yang Berlaku pada Pelaksanaan Sertifikasi Guru Tahun 2016

Pelaksanaan Program SG-PPG undang-undang yang Berlaku pada Pelaksanaan Sertifikasi Guru Tahun 2016

Sertifikasi guru dengan nama program SG-PPG tahun 2016 yang akan dilaksanakan sekitar bulan Mei menjadi polemic di beberapa media social. Beberapa berita menyatakan bahwa pelaksanaan sertifikasi guru menggunakan anggaran pribadi dari guru. Nilai yang di beritakan cukup pantastis yaitu sekitar 15 jutaan/guru. Bayaran yang sangat tinggi untuk mendapatkan pengakuan profesi sebagai guru. Bagi guru di daerah terpencil tentu hal sangat mencekik.

Tulisan ini sedikit memberikan perbandingan dan pencerahan berdasarkan kenyataan dan peraturan pemerintah yang ada. Ada beberapa hal yang perlu di klarifikasi mengenai berita-berita yang termuat dalam beberapa website, yang sumbernya saya anggap kurang jelas.

Ada dua hal yang perlu di klarifikasi yaitu jumlah anggara yang di wajibkan untuk mengikuti sertifikasi guru dan peraturan pemerintah tentang pelaksanaan sertifikasi guru. Pertama terkait dengan anggaran pelaksanaan sertifikasi guru yang katanya cukup mahal. Bagi seorang guru dengan gaji, rata-rata 4 juta perbulan, untuk mengikuti sertifikasi guru dengan biaya 15 juta, maka seorang guru harus mengocek gaji kurang lebih selama 4 bulan. Tentunya beberapa guru pasti mengatakan, “Mau makan apa?”.

Mendapatkan sebuah pengakuan profesi memang bukan sebuah hal mudah. Coba kita bandingkan dengan profesi sebagai dokter, akuntan, dan apoteker. Biaya yang mereka keluarkan tidak sebanding dengan biaya untuk profesi sebagai guru.  Silahkan terjemahkan sendiri. Namun, bukan itu menjadi sorotan..!

Beberapa hal yang menjadi catatan, guru sebagai agen untuk mencerdaskan bangsa, bekerja setiap hari, dan jika ada kesalahan dari siswa maka yang di salahkan adalah gurunya. Menjadi sebuah pertanyaan besar, seorang guru yang telah bekerja, namun untuk mendapatkan status professional di haruskan untuk membiayainya. Apakah pemerintah dengan anggaran 15 juta setiap guru tidak mampu membiayainya..? Apalagi jika tahun 2016 jumlah guru yang akan di sertifikasi melalu jalur SG-PPG sebanyak 13.000 orang, maka anggara yang dikeluarkan sebanyak Rp. 195,000,000,000 (195 Milyar) tidak sebanding dengan biaya yang akan di keluarkan DPR untuk membangun Perpustakaan terbesar di Asia Tenggara.

Pertanyaan yang muncul, dengan anggara seperti itu, apakah berita yang manyatakan bahwa yang menanggung biaya sertifikasi melalu jalur SG-PPG adalah guru sendiri..? Sebagai seorang guru yang tidak di ragukan kecerdasannya akan mampu mengambil kesimpulan tentang berita-berita yang banyak beredar.

Sebagai bentuk, pertanggung jawaban terhadap beberapa berita, maka sumber informasi yang terpercaya merupakan hal yang sangat penting. Maka yang menjadi landasan berpikir yang di gunakan dalam tulisan ini adalah UU Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2015. Setalah mencari beberapa sumber perubahan terhadap UU ini belum ditemukan. Maka pelaksanaan sertifikasi guru tahun 2016 masih mengacu pada UU Nomor 14 Tahun 2015. Beberapa pasal yang dikutip seperti berikut :

BAB IV GURU

Bagian Kesatu Kualifikasi, Kompetensi, dan Sertifikasi

Pasal 8

Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Pasal 9

Kualifikasi akademik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 diperoleh melalui pendidikan tinggi program sarjana atau program diploma empat.

Pasal 10

  • Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.
  • Ketentuan lebih lanjut mengenai kompetensi guru sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Pasal 11

  • Sertifikat pendidik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 diberikan kepada guru yang telah memenuhi persyaratan.
  • Sertifikasi pendidik diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki program pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi dan ditetapkan oleh Pemerintah.
  • Sertifikasi pendidik dilaksanakan secara objektif, transparan, dan akuntabel.
  • Ketentuan lebih lanjut mengenai sertifikasi pendidik sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3) diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Pasal 12

Setiap orang yang telah memperoleh sertifikat pendidik memiliki kesempatan yang sama untuk diangkat menjadi guru pada satuan pendidikan tertentu.

Pasal 13

  • Pemerintah dan pemerintah daerah wajib menyediakan anggaran untuk peningkatan kualifikasi akademik dan sertifikasi pendidik bagi guru dalam jabatan yang diangkat oleh satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat.
  • Ketentuan lebih lanjut mengenai anggaran untuk peningkatan kualifikasi akademik dan sertifikasi pendidik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan Peraturan Pemerintah. Bagian Kedua Hak dan Kewajiban

Pasal 14

  • Dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berhak
    1. memperoleh penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum dan jaminan kesejahteraan sosial;
    2. mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi kerja;
    3. memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas dan hak atas kekayaan intelektual;
    4. memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi;
    5. memperoleh dan memanfaatkan sarana dan prasarana pembelajaran untuk menunjang kelancaran tugas keprofesionalan;
    6. memiliki kebebasan dalam memberikan penilaian dan ikut menentukan kelulusan, penghargaan, dan/atau sanksi kepada peserta didik sesuai dengan kaidah pendidikan, kode etik guru, dan peraturan perundangundangan;
    7. memperoleh rasa aman dan jaminan keselamatan dalam melaksanakan tugas;
    8. memiliki kebebasan untuk berserikat dalam organisasi profesi;
    9. memiliki kesempatan untuk berperan dalam penentuan kebijakan pendidikan;
    10. memperoleh kesempatan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi; dan/atau
    11. memperoleh pelatihan dan pengembangan profesi dalam bidangnya.
  • Ketentuan lebih lanjut mengenai hak guru sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Pasal 15

  • Penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 ayat (1) huruf a meliputi gaji pokok, tunjangan yang melekat pada gaji, serta penghasilan lain berupa tunjangan profesi, tunjangan fungsional, tunjangan khusus, dan maslahat tambahan yang terkait dengan tugasnya sebagai guru yang ditetapkan dengan prinsip penghargaan atas dasar prestasi.
  • Guru yang diangkat oleh satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah atau pemerintah daerah diberi gaji sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  • Guru yang diangkat oleh satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat diberi gaji berdasarkan perjanjian kerja atau kesepakatan kerja bersama.

Seperti itulah sepenggal isi UU Guru dan Dosen. Pada Pasal 13 berbunyi (1) Pemerintah dan pemerintah daerah wajib menyediakan anggaran untuk peningkatan kualifikasi akademik dan sertifikasi pendidik bagi guru dalam jabatan yang diangkat oleh satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat = Swasta. (2) Ketentuan lebih lanjut mengenai anggaran untuk peningkatan kualifikasi akademik dan sertifikasi pendidik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Sebagai informasi awal sebagaimana pertanyaan Apakah program SG-PPG sepenuhnya didanai oleh pemerintah? Jawaban atas pertanyaan dana program SG-PPG adalah (hanya informasi awal dan semoga tidak berubah) :

  1. Sebanyak 13.000 guru didanai oleh pemerintah pusat
  2. Sebanyak 20.000 di danai oleh mahasiswa (mandiri) atau belum menjadi guru

Saat ini LPTK atau Universitas penyelenggara sertifikasi guru sedang menyelesaikan poroposal untuk menjadi pelaksana sertifikasi guru (SG)-PPG. Seperti itulah kira-kira jalur pelaksanaan program SG-PPG pada tahun 2016. Semoga bermanfaat dan jika informasi ini sangat bermanfaat silahkan di bagikan.

 

Scroll To Top