shopify visitor statistics
Friday , November 24 2017
Breaking News
Home / Artikel Sertifikasi Guru / Pelaksanaan PLPG Tahap I PSG Sub Rayon Universitas Tadulako 2017

Pelaksanaan PLPG Tahap I PSG Sub Rayon Universitas Tadulako 2017

Panitia Sertifikasi Guru (PSG) sub rayon Untad laksanakan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) tahap I pada tanggal 18 – 29 Oktober 2017. Kegiatan ini dilaksanakan pada tiga lokasi yaitu Zamrud Resort, Bapelkes Provinsi Sulawesi Tengah dan Wisma Alam Raya. Peserta PLPG tahap I berjumlah 161 orang dengan sebaran bidang studi yaitu 59 orang Guru Kelas SD, 27 orang Guru Pendidikan Kewarganegaraan, 7 orang Guru Geografi, 9 orang Guru kelas TK, 11 orang Guru Bimbingan dan Konseling (Konselor), 31 orang Guru Matematika, dan 17 orang Guru Pendidikan Jasmani.

Seluruh peserta PLPG yang dipanggil pada tahap I diwajibkan check in pada tanggal 18/10/17 di lokasi diklat masing-masing pada pukul 13.00-14.00 wita. Setelah registrasi dilanjutkan dengan penelusuran kemampuan awal dan pengarahan oleh PSG yang bertugas. Penelusuran kemampuan awal dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan awal peserta PLPG.

PLPG diawali dengan presentasi laporan hasil prakondisi dihadapan instruktur. Dalam kegiatan ini peserta diwajibkan membawa laporan hasil prakondisi sebanyak 3 rangkap (untuk peserta, instruktur, dan panitia). Presentasi laporan hasil prakondisi ini dilaksanakan selama 6 jam pelajaran untuk seluruh peserta pada kelas masing-masing.

Setelah presentasi laporan hasil prakondisi, peserta PLPG akan diberikan materi diklat dengan total 44 jam pelajaran (jp) teori dan 56 jp praktek. Materi PLPG yaitu  kebijakan pengembangan profesi guru (6 jp), Pedagogik (8 jp), Pendalaman materi (28 jp), Workship RPP (10 jp), Workshop bahan ajar (5 jp), Workshop Pengembangan Media Pembelajaran (5 jp), Workshop LKPD (5 jp), Workshop Instrumen Penilaian (5 jp), Latihan Pembelajaran (10 jp), dan Ujian Kinerja (peer teaching) (10 jp).

Peserta PLPG yang dinyatakan lulus selanjutnya akan mengikuti Ujian Tulis Nasional (UTN)/UKG berbasis komputer. Skor minimal kelulusan ujian tulis nasional adalah 80. Adapun kompetensi yang diujikan dalam UTN/UKG yaitu kompetensi pedagogik dan profesional. ms

 

Dokumentasi PLPG Tahap I

Sambutan Dekan FKIP dalam Pembukaan PLPG 2017

Sambutan Ketua PSG Subrayon Untad dalam Pembukaan PLPG 2017

Peserta Pembukaan PLPG 2017

Presentasi Laporan Hasil Prakondisi

Presentasi laporan hasil prakondisi

Suasana Tugas Mandiri

Scroll To Top